Diberdayakan oleh Blogger.

Beasiswa ke Perguruan Tinggi Islam di Luar Negeri

Lajunya dakwah Islam perlu dibarengi dengan peningkatan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Insani ummat Islam. Karena itulah dalam tulisan kali ini disajikan beberapa lembaga pendidikan bertaraf internasional   yang bisa menjadi alternatif bagi putra-putri muslim untuk menambah bekal ilmunya.

1. UNIVERSITAS AL-AZHAR, MESIR.
Universitas yang sudah berumur 1014 tahun  ini benar-benar mengalami perubahan setelah terjadinya revolusi pada  1952 M/1372 H. Di antara modernisasi yang dilakukan adalah dengan dibukanya beberapa fakultas baru, seperti: fakultas kedokteran,  fakultas teknik, dan fakultas pertanian, fakultas ekonomi, fakultas   pendidikan, dan fakultas sastra. Di samping tentu saja juga disediakan  fakultas-fakultas keislaman seperti: fakultas syariah, fakultas dakwah   & ushuluddin, dan fakultas studi keislaman.
Untuk dapat belajar di lembaga ini tanpa biaya mahal, terlebih dahulu calon harus lulus test masuk program beasiswa. Untuk program strata 1 calon mahasiswa haruslah tamat SLTA/Aliyah atau Pondok Pesantren   Muaddalah (yang diakui al-Azhar). Di samping juga harus mengikuti   ujian lesan hafalan ayat-ayat al-Qur'an, bahasa Arab, pengetahuan  agama Islam.

2. UNIVERSITAS RAJA SA'UD, SAUDI.
King Sa'ud University yang terletak di jantung Kota Riyadh ini mempunyai arsitektur yang sangat modern.  Awalnya, lembaga pendidikan bergengsi ini bernama Riyadh University.  Di dalam King Sa'ud University terdapat banyak fakultas, seperti   kedokteran, manajemen, sastra, komputer, dan fakultas pendidikan. Di  fakultas pendidikan (tarbiyah) terdapat jurusan pendidikan agama Islam, semisal jurusan syariah dan ushuluddin.
Untuk dapat belajar dilembaga ini harus sudah tamat SLTA atau yang  setara dan mengajukan lamaran terlebih dahulu, dengan syarat melalui lembaga yang telah mendapatkan pengakuan dari King Sa'ud University.
Setelah lamaran dinyatakan diterima, seluruh mahasiswa asing  (non-Arab), diwajibkan mengikuti Arabic Institute sebagai lembaga  remidiasi bahasa Arab selama empat semester, demi menstandarkan  kemampuan bahasa Arabnya. Seluruh fasilitas yang diberikan gratis dengan beasiswa 800 real untuk setiap mahasiswa per bulan.

3.   UNIVERSITAS ANTAR BANGSA, MALAYSIA.
Juga disebut International Islamic  University. Sponsor lembaga pendidikan internasional ini adalah  Rabithah Alam Islami. Latar belakang berdirinya disebabkan rasa prihatin akan kualitas pendidikan ummat Islam yang masih jauh dari  harapan. Oleh sebab itu, cita-cita lembaga ini tidak lain adalah ingin menopang dan mendukung laju dakwah Islam melalui jalur pendidikan.
Di Universitas Islam Internasional terdapat banyak fakultas keislaman, di antaranya Sejarah dan Pengetahuan Islam (Islamic Heritage and Knowledge dan Ekonomi Islam (Islamic Economics). Untuk dapat belajar  di lembaga ini harus mendapatkan rekomendasi dari lembaga Islam, dengan membayar uang pendaftaran sebesar 15 US dollar. Berbeda dengan King Sa'ud University yang seluruh fasilitasnya disediakan secara gratis, di Universitas Antar bangsa mahasiswa harus membayar seperti   biasa, sekalipun ada program beasiswa.

4.  UNIVERSITAS BAGHDAD, IRAQ.
Lembaga ini sangat di kenal di seluruh  dunia terutama sekali di Indonesia. Karena memang banyak tokoh dari Indonesia yang alumnus Universitas Baghdad.  Orang asing (di luar Irak) yang melanjutkan studinya di lembaga ini harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Di antaranya calon mahasiswa haruslah tamatan SLTA atau Aliyah, dan mendapat rekomendasi dari  lembaga-lembaga keislaman yang mempunyai jalur pendidikan dengan lembaga ini.
Bagi calon mahasiswa yang diterima diberi kesempatan untuk mengikuti  persiapan bahasa Arab (khusus calon mahasiswa non- Arab) selama satu sampai dua tahun. Sedangkan calon mahasiswa program beasiswa diberi kesempatan selama satu tahun pertama untuk mengajukan permohonan beasiswa.
Di Universitas Baghdad tersedia banyak fakultas-faklultas  kedokteran, teknik, pendidikan, administrasi & kesekretariatan, dan   fakultas-fakultas ilmu-ilmu keislaman semisal syariah, ushuluddin,  adab, dan tarbiyah.

5. INSTITUT AGAMA ISLAM MADINAH, SAUDI.
Dikenal dengan Jami'ah Islamiyyah  Madinah. Kelebihan lembaga ini terletak pada sistem pendidikan  syariahnya. Umumnya setelah tamat dari Jami'ah Islamiyyah Madinah,  para sarjana itu melanjutkan jenjang pendidikan master atau doktornya    ke Jami'ah Ummul Qura'. Fakultas yang disediakannya sama dengan yang  terdapat di Jami'ah Ummul Qura'.
Untuk dapat diterima sebagai mahasiswa Jami'ah Islamiyyah Madinah  sangatlah sulit. Di samping harus lulus SLTA atau Aliyah, lembaga yang meluluskan itu harus mendapat pengakuan dari perguruan tinggi itu.  'Antri' untuk menerima panggilan sejak pengiriman formulir lamaran saja bisa satu tahun.
Namun bila sudah dinyatakan diterima, seluruh aktivitas mahasiswa mendapatkan fasilitas yang serba gratis. Bahkan untuk pulang liburan satu tahun sekali saja diberikan tiket pulang pergi. Mahasiswa yang  belajar di lembaga ini semuanya merupakan program beasiswa sebagaimana juga di Jami'ah Ummul Qura'.

6. JAMI'AH UMMUL QURA', MAKKAH.
Lembaga pendidikan terkenal ini terdapat  di Makkah al-Mukarramah. Belajar di Ummul Qura' biasanya merupakan  kelanjutan dari jenjang master untuk mengambil gelar doktor. Kelebihan Ummul Qura' adalah di bidang pendidikan syari'ahnya. Laboratorium bahasanya megah dan lengkap, yang lebih diutamakan untuk digunakan mahasiswa non-Arab.
Untuk dapat belajar di lembaga ini calon mahasiswa minimal tamatan SLTA atau Aliyah dengan indek prestasi minimal 7,5. Di samping mendapatkan rekomendasi dari lembaga keislaman atau perorangan yang telah dipercaya dan dikenal oleh Jam'iyyah Ummul Qura'. Jami'ah Ummul Qura' menyediakan fakultas-fakultas khusus, seperti:   Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Adab, dan Fakultas  Syariah. Mahasiswa Ummul Qura' semuanya mendapatkan fasilitas  pendidikan gratis.

7. UNIVERSITAS ISLAM INTERNASIONAL, PAKISTAN.
International Islamic  University terletak di Islamabad. Lembaga pendidikan ini menyediakan  empat fakultas: ekonomi, syariah, dakwah (ushuluddin), dan fakultas  sastra Arab. Tersedia program, untuk istilah Indonesia, strata satu  hingga strata tiga untuk mencapai gelar doktor. Sebagaimana layaknya  perguruan tinggi Islam internasional yang lainnya. Untuk menjadi mahasiswanya harus terlebih dahulu mengirim lamaran studi.
Untuk mengikuti program strata satu calon mahasiswa harus lulus dari  SLTA dengan ijazah yang telah mendapat pengakuan dari Universitas Islam Internasional Islamabad. Sedangkan yang ingin melanjutkan ke  jenjang strata dua dan strata tiga haruslah mendapat rekomendasi dari  lembaga keislaman yang mendapat pengakuan dari Universitas Islam  Internasional Islamabad.

8. TARBIYAH AS-SASIYAH, KUWAIT.
Lembaga ini satu payung yayasan dengan  Ma'had Technology Kuwait yang menyelenggarakan program Diploma tiga, dengan program Public Authority for Applied Education and Training. 
Lembaga pendidikan Tarbiyah as-Sasiyah menyediakan berbagai fakultas,  antara lain Fakultas Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan Islam, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Jiwa, Fakultas Olah Raga, Fakultas Seni, Fakultas Sosiologi, dan Fakultas Ilmu-Ilmu Pengetahuan Alam. Untuk belajar di lembaga ini terlebih dahulu harus mengajukan lamaran ke Tarbiyah as-Sasiyah melalui Kedutaan Besar Kuwait di Jakarta. Calon  mahasiswa minimal lulusan SLTA/Aliyah atau yang sederajat yang telah mendapatkan rekomendasi dari lembaga keislaman atau seseorang yang telah mendapat pengakuan dari Tarbiyah as-Sasiyah.
Seluruh orang asing yang belajar di Tarbiayh as-Sasiyah mengambil  program beasiswa. Fasilitas yang diberikan: asrama, makan, dan tranportasi diberikan secara gratis.

9. UNIVERSITAS INTERNATIONAL AFRIKA, SUDAN.
Lembaga ini disponsori oleh Rabithah Alam Islami. Program beasiswa dibuka untuk seluruh ummat Islam. Tahun pertama dana berasal dari mahasiswa sendiri. Tapi setelah  masuk tahun kedua dana dan fasilitas ditanggung oleh lembaga. Untuk   setiap mahasiswa disediakan 100 dolar US per bulan.
Di Universitas Internasional Afrika Sudan ini terdapat beberapa   fakultas, di antaranya Fakultas Sastra dan Fakultas Studi-Studi   Keislaman. Untuk dapat belajar di lembaga ini, calon mahasiswa terlebih dahulu mengajukan lamaran melalui yayasan-yayasan keislaman, atau lembaga-lembaga pendidikan yang telah mendapatkan pengakuan (muaddalah) dari Universitas Afrika Internasional Sudan.

6 komentar:

  1. makasih sob infonya penting nihh

    BalasHapus
  2. siapa bilang dpt uang saku 100 dolas US,untuk yg kuliah d sudan....itu BOHONG....saya sendiri sdh 4 tahun g ada uang sakunya,,,,hadha kalam farig!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  3. rata-rata harus dari pesantren ya,,,
    ???

    BalasHapus
  4. mas @tamam basith pernah dapet beasiswa disana, atau kuliah pribadi...!!! gmana keadaan disana,,! orang-orangnya gmana sih..

    BalasHapus
  5. untuk beasiswa ummulqura makkah silahkan buka http://www.kabarmakkah.com/2013/12/cara-mendaftar-ke-universitas-ummulqura.html

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar Disini..

Apabila ada yang Ingin anda sampaikan kepada Admin, Silahkan anda sampaikan melalui kotak komentar ini. Baik Itu Keluhan, Lapor Link Gambar yang Rusak, Kritik dan Saran dan Lain-lain.

Nanti saya akan menjawabnya..

Pengunjung Yang Baik Adalah Pengunjung yang Berkomentar Dengan Kata-kata Yang Baik Dan Sopan...